Sertifikasi Perkebunan Sawit Naikkan Reputasi

Sertifikasi Perkebunan Sawit Naikkan Reputasi

inilah.com, Jakarta – Badan penyelenggaran sertifikasi perkebunan kelapa sawit menyebutkan sertifikasi bertujuan untuk menaikkan reputasi perkebunan kelapa sawit.

Vice President II RSPO, Edi Suhardi, Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) mengatakan reputasi ini nantinya dapat berdampak pada mudahnya mendapatkan kredit perbankan.

“Sebenarnya grower insentif adalah tujuan kedua, mengapa mereka menjadi anggota RSPO dan disertifikasi. Tujuan utamanya adalah aspek reputasi dan kredibilitas dari suatu uit usaha yang nantinya akan pengaruh pihak-pihak lain yang berhubungan dengan investasi seperti pihak bank, investor dan konsumen,” ujarnya pada temu media di kantornya, Rabu (30/10/2013).

Edi memberikan alasan perbankan akan mau dengan mudah menggelontorkan kredit bila perkebunan bersertifikat. “Karena mayoritas bank-bank global sudah mensyaratkan dukungan finansial bagi industri-industri sawit yang berkelanjutan. Inilah yang perlu kita lihat,” jelas Edi.

Oleh karena itu, lanjut Edi, dengan sertifikasi perkebunan sawit akan dengan mudah melawan tuntutan global. Sebab global menuntut aspek lingkungan dikedepankan pada perkebunan sawit.

Bahkan negara lain perusahaan perkebunannya akan tertarik untuk mencari sertifikasi. “Negara-negara yang potensial untuk Calon SPO ini masih di Uni Eropa, Australia dan AS. Tetapi tidak menutup kemungkinan pasar China dan juga India akan mengikuti,” jelas Edi. [hid]

Rekomendasi Untuk Anda


  • Chelsea Bertekad Geser Arsenal dari Puncak

    Chelsea Bertekad Geser Arsenal dari Puncak

  • Inilah Hasil Pekan Kesepuluh Seri A Italia

    Inilah Hasil Pekan Kesepuluh Seri A Italia

Sumber : Inilah.com