Realisasi Cetak Sawah Baru 43 Ribu Hektar

Realisasi Cetak Sawah Baru 43 Ribu Hektar

Headline

Petani sedang membajak sawah – (Foto: inilah.com/Agus Priatna)

inilah.com, Jakarta – Kementerian Pertanian menyebutkan realisasi cetak sawah baru mencapai 43 ribu hektar (ha). Target pada 2013 untuk cetak sawah sebanyak 65 ribu ha.

Direktur Perluasan dan Pengolahan Lahan Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian, Tunggul Imam Panudju mengatakan sisanya menunggu kesiapan pemerintah daerah.

“Cetak sawah carry over 2012 yang bisa hasilkkan 320 ribu hektare. Cetak tahun ini 65 ribu ha ada 43 ribu ha bisa panen Desember tahun ini bisa produksi 3 ton per ha yang menyebar di Jawa dan luar Jawa,” ujar Tunggul di kantornya, kamis (31/10/2013).

Menurut Tunggul, untuk mencapai target cetak sawah 65 ribu ha, itu menunggu kesiapan pemerintah daerah. Kesiapan itu mencakup kelengkapan data lahan yang akan divetak menjadi sawah. “Cetak sawah harus ada dasar teknis, survei investigasi dan disain dan harus sesuai aturan. Harus clear dan clean dari pemda, 62 ribu ha itu valid dicetak,” jelas Tunggul.

Tunggul menuturkan pemerintah daerah sesegera mugkin menyiapkan peraturan daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Kalau RTRW dapat dijalankan dengan baik cetak sawah mencapai 65 ribu ha dapat terlaksana.

Tunggul menambahkan lahan yang akan dicetak itu terdiri dari lahan rawa, lahan gambut dan sesuai SID (survei investigasi dan desaign). “Perda RTRW, lokasi untuk peruntukan pertanian, sebelum dicetak sawahnya harus ditetapkan Bupati dan kepala dinas berbentuk SK,” katanya. [hid]

Rekomendasi Untuk Anda


  • Browser Terbaru Firefox Dukung Teknologi Web Audio

    Browser Terbaru Firefox Dukung Teknologi Web Audio

  • Tahun Kedua di Arsenal, Giroud Kian Percaya Diri

    Tahun Kedua di Arsenal, Giroud Kian Percaya Diri

Sumber : Inilah.com