Kim Jong Un Awasi Latihan ‘Serangan Drone’

SEOUL–Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Un dilaporkan mengawasi serangan drone dengan Korea Selatan sebagai target simulasi pada Rabu (20/3). Kantor berita KCNA seperti dilansir AFP, Rabu (20/3), melaporkan pasukan bersenjata menembak jatuh target yang menyerupai rudal jelajah.

Korea Utara meningkatkan latihan militer sebagai tanggapan atas latihan militer gabungan tetangganya dan Amerika Serikat yang dipandang ‘bermusuhan’. Latihan gabungan kedua negara musuh bebuyutan Korut itu digelar setelah Pyongyang dijatuhi sanksi tambahan oleh Dewan Keamanan PBB gara-gara uji coba nuklir pada Februari lalu.

Memang belum dipastikan apakah Korea Utara memiliki drone, Meski, satu laporan dari Kantor Berita Korsel, Yonhap, tahun lalu menyatakan negara itu memperoleh drone mata-mata AS era 1970-an dari Suriah dikembangkan menjadi drone serbu.

“Pesawat-pesawat ini didesain dalam rute dan waktu penerbangan dengan Korsel sebagai target,” ujar Kim Jong Un seperti dilansir KCNA. Dengan nada puas ia menambahkan pesawat-pesawat tadi terbukti mampu melakukan serangan dalam presisi super terhadap target-target musuh.

Sumber : Republika