Kementan Pangkas Dana Cetak Sawah

Kementan Pangkas Dana Cetak Sawah

Headline

(Foto : inilah.com)

inilah.com, Jakarta – Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan dengan tidak naiknya anggaran pihaknya akan mengganggu terwujudnya swasembada pangan.

Direktur Perluasan dan Pengolahan Lahan Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian, Tunggul Imam Panudju mengatakan salah satunya pada program cetak sawah.

“Ya, kalau Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) nggak naik pastinya akan berpengaruh terhadap cetak sawah,” ujar Tunggul saat pemaparan cetak sawah di kantornya, Kamis (31/10/2013).

Tunggul menjelaskan sampai pada tataran teknis, ia pun terpaksa mencabut hampir Rp3 miliar dana cetak sawah di tiga provinsi yaitu Kabupaten Tabalong di Kalimantan Selatan, Kabupaten Mesuji di Lampung dan Lubuk Utara di Sulawesi. “Namun ini akibat hukuman ke pemerintah daerah yang tidak bisa menjalankan kebijakan sesuai prosedur Kementan,” ucapnya.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku untuk mendukung pangan tidak harus menaikkan anggaran Kementerian Pertanian pada 2014. Plt Direktur Jenderal Anggaran, Askolani Kemenkeu mengatakan ini jangan dianggap bukan tidak mendukung swasembada pangan.

“Dukungan kan nggak mesti naik dukungan kan dari bidang lain kalau itu dinilai sudah efisien nggak mesti dinaikkan,” ujar Askolani di kantornya. [hid]

Rekomendasi Untuk Anda


  • Islam dan Barat Segera 'Bersahabat'

    Islam dan Barat Segera ‘Bersahabat’

  • Milan Gagal Menang, Allegri Tetap Puas

    Milan Gagal Menang, Allegri Tetap Puas

Sumber : Inilah.com