BPH Migas Temukan Penyelewengan Pengisian Solar

BPH Migas Temukan Penyelewengan Pengisian Solar
Headline

inilah.com/Wirasatria

inilah.com, Jakarta – Badan Pengatur Kegiatan Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) kembali melansir adanya penyelewengan pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar yang diduga dilakukan oleh oknum aparat.

Tim Koordinasi Penanggulangan, Penyalahgunaan, Penyediaan, dan Pendistribusian Bahan Bakar Minyak (TKP4 BBM) yang melakukan penangkapan. TKP4 BBM menangkap sopir serta mengamankan dua unit kendaraan yang melakukan pengisian BBM subsidi jenis solar di atas kewajaran.

“Penangkapan tersebut terjadi pada 14 September 2013 kemarin sekitar pukul 11.30 di jalan Gempol Cipayung, Jakarta Timur. Mobil dan sopir tersebut sudah kami serahkan ke Polsek Cipayung untuk penyelidikan lebih lanjut,” kata Sekretaris BPH Migas, Djoko Siswanto, Selasa (17/9/2013).

Djoko menjelaskan dua unit kendaraan itu jenis Isuzu Panther dengan plat nomor B 2596 BE dan B 1040 FVK. Dugaan sementara mobil tersebut milik oknum aparat. Namun ia enggan membeberkan lebih jauh aparat yang dimaksud. “Mereka modifikasi sehingga bisa isi hingga 1.000 liter atau sekitar 1 ton. Kami tangkap ketika sedang mengisi,” ujarnya.

Djoko menambahkan, kegiatan pencegahan maupun penindakan dilakukan lantaran tingginya kebutuhan BBM jenis solar untuk industri di Jabodetabek. Kebutuhan tersebut mendorong pengusaha mendapatkan BBM subsidi dengan berbagai cara antara lain dengan melibatkan oknum aparat maupun memodifikasi kendaraan serta bekerjasama dengan oknum SPBU. [mel]

Sumber : Inilah.com